Gunadarma Sharia Economic Event 2019: “Halal Industry, Its Development and Challenges: The Implementation of the Maqashid of Sharia in Accelerating Indonesia becomes a Leading Country in Halal Industry”

 mg 8200

Perkembangan pasar muslim yang pesat membuat banyak negara mulai sangat serius untuk membangun industri halal. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak, Indonesia harus menjadi pelaku utama dalam Industri Halal. Kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri sekaligus menguatkan kapasitas untuk bersaing di kancah global. Paradigma Lembaga Keuangan Mikro yang benar-benar melek literasi hanya 31%. Tujuan dari Lembaga Keuangan Mikro yaitu pengentasan kemiskinan dan menjadikan UKM yang sehat dan berkembang dengan menitikberatkan pada masyarakat ekonomi yang lemah. SDM merupakan aset yang paling berharga guna mewujudkan tujuan organisasi. Dalam HRD Syariah sendiri menggunakan metode benchmarking sebagai landasan dalam Manajemen HRD Syariah, dengan mengambil esensi-esensi pada generasi terbaik, kemudian di refleksikan pada keadaan terkini. Dengan membuat inovasi seperti penciptaan teknologi digital yang dapat mempengaruhi aktivitas ekonomi. 

Ekonomi Digital terdiri dari berbagai elemen yang identik dengan penggunaan teknologi. Dalam penggunaannya diperlukan keseimbangan untuk memanfaatkan peluang & tantangan ekonomi digital serta mendorong inovasi dan menjaga stabilitas. Tentunya dengan menerapkan nilai-nilai Islam dari industri halal yang mengandung kebijakan, prinsip, motif, arahan dan etika dalam melakukan kegiatannya. Dalam penerapan pembangunan ekonomi, ziswaf sangat berpengaruh didalamnya. Meliputi pembangunan yang berorientasi pada pemerataan Ekonomi melalui penciptaan lapangan pekerjaan sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan dan memenuhikebutuhan dasar masyarakat.

Berkaitan dengan pembangunan ekonomi, sebagai negara yang memiliki berbagai bentuk keindahan alam, andil pariwisata halal tidak dapat  diragukan lagi. Hal tersebut terbukti dimana pariwisata  khususnya pariwisata halal telah memberikan kontribusi terhadap PDB di negara Indonesia. Selain itu, Indonesia mendapatkan penghargaan dalam ajang “World Halal Tourism Awards 2016” dan pada saat ini Indonesia memprioritaskan 10 destinasi wisata yang ada diberbagai daerah, seperti Aceh, Riau, Sumatra Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Lombok dan Jawa Tengah. Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia tentu menjadikan makanan yang halal lagi baik telah menjadi suatu hal yang wajib. Untuk menjamin kehalalan produk, pemerintah telah membentuk Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Ulama Indonesia (LPPOM MUI). LPPOM MUI dapat membantu umat Islam untuk menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan tuntunan Islam yang telah diatur dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 173 yang menjelaskan terkait hukum halal dan haram. Kesehatan dalam Islam memiliki makna yang benar-benar harmonis dan proporsional dalam berbagai aspek kehidupan manusia secara sempurna seperti jasad, pikiran, dan spiritual (ruh).

Dengan menerapkan kesehatan sesuai tuntunan Islam. Maka, secara otomatis kita dapat menerapkan prinsip Halal Is My Life sebagai gaya hidup kita. Sebab dalam Islam kebersihan adalah sebagian dari iman dan kebersihan merupakan cikal bakal dari kesehatan. Jika masyarakat sudah membudayakan kesehatan, maka kesehatan roda perekonomian pun akan tumbuh dengan sendirinya.

Laporan: Anesi