SEF UG Meraih Juara 3 National Essay Competition - Sharia Ecofest 2018

Sharia ecofest 2018 2.1

Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma berhasil meraih Juara III National Essay Competition dalam ajang Sharia Economic Festival 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Ciputat, Jakarta. Tim yang berhasil meraih penghargaan tersebut beranggotakan Indah Nur Maulina (Manajemen 2017), Reita Fabiolyn Qamaril (Manajemen 2016) dan Dwi Rahayu (Manajemen 2015).

Sharia Economic Festival (Sharia Ecofest) merupakan rangkaian acara tahunan yang diadakan oleh HMJ Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah kategori National Essay Competition yang merupakan ajang kompetisi essay tingkat nasional dan diikuti oleh delegasi dari 10 Universitas di Indonesia yang terpilih untuk menampilkan essay terbaiknya dalam event tahunan ini. Kegiatan National Essay Competition diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2018.

Pada 10 Oktober 2018 acara dimulai dengan persentasi essay dari 8 tim yang terpilih yakni diantaranya Universitas Andalas, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, STEI SEBI, Universitas Diponegoro, IAIN Lampung, dan Universitas Gunadarma. National Essay Competition ini mengusung tema besar "The Golden Age of Sharia Economic" bertujuan untuk mencari serta mengoptimalkan peran para pemuda sebagai penggerak utama dalam membangun bangsa melalui pemikiran kreatif dan inovatif dalam Ekonomi Islam. Tim Universitas Gunadarma mengangkat topik mengenai Bank Wakaf Mikro dengan judul essay “Optimalisasi Wakaf Uang untuk Pemberdayaan Colleaguepreneur dalam Menghadapi Bonus Demografi 2020 melalui E-Wacopers”. Dalam penulisan essay ini Tim Gunadarma menggagas sebuah ide melalu pembuatan sebuah platform yang dapat menanugi colleaguepreneur atau pengusaha mahasiswa agar dapat menjalankan bisnis dengan optimal namun tetap dalam koridor prinsip syariat Islam, sehingga dapat mendongkrak angka UMKM di Indonesia dan mampu memanfaatkan fenomena bonus demografi 2020 yang akan berdampak besar bagi kemajuan perekonomian Indonesia. Pada platform ini colleaguepreneur akan diberdayai melalu pemanfaatan wakaf uang yang dikelola melalui Bank Wakaf Mahasiswa dan kemudian untuk mempermudah transaksi antara pihak-pihak yang terkait dibentuk sebuah aplikasi penunjang bernama E-Wacopers.

Setelah seluruh tim telah mempresentasikan essay masing-masing, acara selanjutnya adalah pengumuman hasil penilaian dari National Essay Competition. Kemudian scara ditutup dengan Pemberian hadiah kepada para pemenang National Essay Competition dan foto bersama dengan seluruh peserta dan panitia Sharia Ecofest 2018.