SEF UG Meraih Best Presentation - FALAH 2018

Whatsapp image 2018 09 25 at 3.20.09 pm

Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma berhasil meraih Best Presentation dalam ajang Festival Ilmiah Ekonomi Syariah 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. Tim yang berhasil meraih penghargaan tersebut beranggotakan Septian Nudin (Manajemen 2016), Lailatul Munawaroh (Manajeman 2016) dan Yolanda Regita Cahyani (Manajemen 2016).

FALAH atau Festival Ilmiah Ekonomi Syariah merupakan rangkaian acara tahunan terbesar yang diadakan oleh KSEI AcSES Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga yakni Call for Essay. Untuk Call for Essay itu sendiri adalah ajang kompetisi essay tingkat nasional yang di ikuti oleh 14 Universitas di Indonesia yang mengirimkan essay terbaiknya untuk bisa menjadi pemenang di event tahunan ini. Kegiatan Call for Essay itu sendiri diselenggarakan pada tanggal 20 sampai 22 September 2018.

Pada hari pertama (20/09), acara langsung dibuka dengan persentasi essay dari 10 tim yang terpilih yakni diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Hasanudin, Politteknik Negeri Jakarta, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jember, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Gunadarma. Call for Essay ini mengusung tema besar "Cipta Pemuda untuk Indonesia Madani" bertujuan untuk mencari serta mengoptimalkan peran para pemuda sebagai penggerak utama dalam membangun bangsa ini. Tim Universitas Gunadarma mengangkat topik mengenai Disabilitas dan Ekonomi dengan judul essay “Ruma Tuna Indonesia (RT ID): Solusi Wakaf Produktif Oleh Millenials Islamic Generation Melalui Pemberdayaan Entrepreneurship Tunarunggu Dan Tunanetra Berbasis Crowdfunding Demi Mewujudkan Indonesia Madani.” Platform yang disebut dengan RT ID merupakan wadah khusus yang menaungi para Tunarungu dan Tunanetra dalam bidang entrepreneurship khususnya industri ekonomi kreatif melalui kolaborasi antara metode crowdfunding dengan pemanfaatan wakaf tanah yang diharapkan dapat mendanai RT ID dalam menjalankan kegiatan operasional. Setelah 10 tim presentasi essay masing-masing lalu pengumuman 5 tim terbaik untuk mengikuti study case. Tim Gunadarma sendiri mendapatkan nomor urut pertama untuk mempersentasikan hasil diskusi dari case yang telah diberikan.

Pada hari kedua (21/09), para semifinalis diajak berkeliling Kota Pahlawan untuk mengenalkan secara langsung bagaimana budaya masyarakat di salah satu kota metroplitan. Tugu Pahlawan yang menjadi ikon Kota Surabaya juga turut menjadi salah satu destinasi. Pada malam harinya dilanjutkan dengan Kajian islami bertajuk "Pemuda Menjawab Tantangan Zaman Now" yang diisi langsung oleh Ustadz Faris Khoirul Anam, L.C., M.H.I. pengasuh pondok pesantren Darul Faqih, Malang. Beliau menyampaikan bahwa tantangan para pemuda muslim saat ini berasal dari dalam diri sendiri juga dari luar. Maka pemuda muslim khususnya harus memiliki pendirian yang kuat akan prinsip hidupnya, jangan sampai mudah terombang-ambing oleh lingkungan.

Pada hari ketiga (22/09) merupakan puncak dari Festival Ilmiah Ekonomi Syariah 2018 diakhiri dengan Workshop Bisnis bertemakan "Young-Creativepreneur In Digital Era" dihadiri oleh Prof. Dahlan Iskan sebagai narasumber utama mendapatkan antusiasme yang sangat luar biasa dari kalangan Mahasiswa maupun praktisi bisnis. Pak Syafril Riza yang tampil sebagai moderator juga sukses membuat audience tetap semangat sehingga bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari narasumber-narasumber yang dihadirkan.

Acara ditutup dengan Pemberian hadiah kepada para pemenang Call for Essay yang langsung diserahkan oleh Prof.Dr. Dahlan Iskan serta Bu Sochrul Rohmatul Ajija selaku pembina AcSES FEB UNAIR dan foto bersama dengan seluruh peserta dan panitia FALAH 2018.