ARB Buka Bank Syariah Pertama di Skotlandia

14 04 05 qkyx0qpqbf6gtf03 300x200

Langkah Al Rayan Bank (ARB) ini disambut baik otoritas keuangan Inggris. Keuangan syariah mulai mengembangkan sayapnya di Skotlandia.

Hal ini ditandai dengan beroperasinya bank syariah, Al Rayan Bank (ARB) di Glasgow, Skotladia.

Dilansir dari Herald Scotland, Rabu 30 November 2016, ARB ini dulunya bernama Islamic Bank of Britain (IBB). Bank tersebut menawarkan sistem perbankan yang tidak memberikan bunga serta bagi hasil dan risiko kepada masyarakat Skotlandia.

Sekadar informasi, IBB mencetak laba setelah pajak sebesar 10,3 juta pound sterling pada 2015. Angka ini melesat dari laba tahun 2014 yang hanya 1,2 juta poud sterling.

Tujuan utama membuka cabang bank syariah di Skotlandia adalah membuat kemitraan antara Glasgow dengan Komisi Keuangan Syariah Inggris. Tak hanya itu, pemilihan Skotlandia sebagai wilayah ekspansi pasar, sesuai dengan bisnis bank.

Sekretaris kabinet untuk ekonomi, pekerjaan, dan keadilan dunia kerja, Keith Brown, mengatakan ARB menyambut baik perluasan pasar bank syariah di Skotlandia untuk pertama kalinya dalam menawarkan sistem keuangan syariah kepada masyarakat Skotlandia.

Untuk diketahui, ARB ini menawarkan produk perbankan syariah berupa tabungan, giro, pembiayaan rumah dan properti, serta pembiayaan korporasi.

Direktur Eksekutif ARB, Sultan Choudhury, mengatakan bank syariah ini memang punya banyak nasabah dari Skotlandia sebelum menghadirkan kantor di negara tersebut.. Nasabah tersebut melakukan transaksi perbankan via internet dan telepon.

" Kini, kami menghadirkan kantor bank kami di Skotladia," kata Choudhury.

Sebelum berada di Skotlandia, bank ini sudah melakukan kerja sama pembiayaan dengan sebuah organisasi non profit untuk pedidikan Islam di Glasgow, Al-Meezan pada 2013. Nilai pembiayaannya mencapai 400 ribu poundsterling dan ditujukan untuk pembangunan bangunan tempat mengajar seperti pembangunan 10 ruangan kelas, toilet, aula, dan renovasi teater.

Sumber: Dream.co.id