Publikasi - Social Project

  • 20 Nov 2019

  • 0 Comments

  • Social Project

         Kementerian Sosial Sharia Economic Forum (SEF) Universitas Gunadarma pada Ahad 27 Oktober 2019 telah melaksanakan salah satu program sosial terkait pendidikan yaitu Karnaval Ceria. Karnaval Ceria merupakan program penerimaan siswa-siswi baru untuk Madrasah Weekend (MW) yang dimulai dari tingkat Paud hingga Sekolah Dasar (SD).

Tujuan utama diadakannya Karnaval Ceria sendiri adalah mengajak anak-anak Kampung Gedong untuk bisa belajar kembali di Madrasah Weekend yang dilaksanakan setiap pagi Ahad dan akan dipandu oleh para pengajar dari internal Pengurus Sharia Economic Forum. Pada tahun ini, Karnaval Ceria mengangkat tema “Inspirasi Sejuta Mimpi Anak Kampung Gedong”. Harapannya setelah mengikuti Karnaval Ceria, anak-anak Kampung Gedong dapat termotivasi untuk menggapai mimpi-mimpi mereka sehingga mereka lebih bersemangat dalam belajar dan menimba ilmu.

Kegiatan tersebut dinilai sukses dan berhasil karena mampu menarik perhatian dan antusias anak-anak Kampung Gedong sehingga peserta yang hadir pada kegiatan tersebut berjumlah lebih dari 50 orang.

Rangkaian Karnaval Ceria ini  dimulai dari pukul 07.30-12.00 WIB. Tak hanya anak-anak, orang tua mereka juga turut hadir untuk mendampingi. Alhamdulillah berdasarkan pengakuan dari para orang tua, mereka menilai sangat terbantu dengan adanya MW ini karena dapat memberikan pengajaran tambahan yang tidak hanya di dapatkan di Sekolah Formal saja.

Acara dibuka dan dipandu oleh MC yaitu Kak Edwin Pija Yenra Purba dan Kak Dian Ayu Safitri. Kemudian dilanjutkan dengan senam pagi bersama. Lalu setelahnya, Sambutan disampaikan oleh Kak Erwin Faridah sebagai Kepala Sekolah Madrasah Weekend. Kak Erwin memberikan semangat dan motivasi untuk terus belajar dan menggapai cita-cita. “Madrasah Weekend adalah salah satu bentuk ikhtiar kami dalam mencerdaskan anak bangsa terkhusus anak-anak Kampung Gedong, dimana nanti mereka akan belajar dengan menggunakan silabus-silabus yang telah ditetapkan, selain itu akan ada waktu dimana anak-anak dapat menanyakan terkait Pekerjaan Rumah (PR) dan akan di bimbing oleh para pengajar” Ujar Kak Erwin

Selanjutnya, masuk ke acara inti berupa pengenalan profesi yang disampaikan oleh inspirator kepada anak-anak agar membuka wawasan dan cakrawala mereka bahwa profesi saat ini sudah sangat luas. Pengenalan profesi diantaranya Koki, Dokter, Tentara, Bussinesman dan Guru. Baru setelahnya, anak-anak diberikan kesempatan tampil didepan untuk menyampaikan cita-cita mereka.

 

Terakhir, setelah para inspirator memberikan motivasi, dilanjutkan dengan permainan dan perlombaan, diantaranya lomba estafet karet, estafet pulpen, memasukkan pulpen ke dalam botol dan balon air. Perlombaan dilakukan secara perkelompok. Dan dari perlombaan tersebut, maka pemenang diberikan hadiah serta semua anak-anak yang hadir juga diberikan bingkisan.

Agenda Karnaval Ceria ditutup kembali oleh MC dengan memberikan informasi kembali bahwa pada 03 November 2019 akan dimulai kegatan pembelajaran Madrasah Weekend. Acara ditutup dengan sesi foto bersama anak-anak dan Pengurus SEF.

Laporan: Erwin Faridah, Editor: Putri Yunela Sari

  • 27 Jan 2019

  • 0 Comments

  • Social Project

Shariaeconomicforum.org -- Kegiatan Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS) merupakan kegiatan sosial yang dilaksanakan Kementrian Sosial SEF bekerjasama dengan Dosen Universitas Gunadarma, kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 27 Januari 2019 yang bertempat di Asrama SEF. Kegiatan dimulai pukul 08.30 sampai dengan 11.00.

Kegiatan dilakukan dengan mengambil tema “Membangun Generasi Insan Bertaqwa”, dengan mengajak adik-adik Madrasah Weekend untuk ikut serta dalam kegiatan perlombaan. Perlombaan yang dilakukan diantaranya lomba Adzan, MTQ, Cerdas Cermat, dan Mewarnai.

Kegiatan dimulai dengan membukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan acara inti yaitu perlombaan dan diakhiri dengan penutup. Penutup dilakukan dengan pembagian hadiah perlombaan dan pemberian plakat untuk perwakilan dosen Universitas Gunadarma.